Jawaban Uas Pengantar Bisnis

Kiki Yuliandara
01112064
Ekonomi Akuntansi

Soal UAS Download Disini
Jawaban no 1. Menurut (Widjaja & Yeremia, 2008) CSR merupakan bentuk kerjasama antara perusahaan (tidak hanya Perseroan Terbatas) dengan segala hal (stake-holders) yang secara langsung maupun tidak langsung berinteraksi dengan perusahaan untuk tetap menjamin keberadaan dan kelangsungan hidup usaha (sustainability) perusahaan tersebut. Pengertian tersebut sama dengan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, yaitu merupakan komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya (Widjaja & Yani, 2006).

berdasarkan teori diatas maka Ben dan Jery telah memiliki misi sosial, bahkan mereka telah melakukan misi sosial tersebut. terbukti ketika Ben & Jerry’s menyumbangkan 7,5% dari laba sebelum pajaknya ke yayasan, yang memberikan donasi dalam bentuk uang ke organisasi amal tertentu.Dan Juga bekerjasama dengan bisnis bisnis keci yang efeknya memudahkan siklus usaha dari para pebisnis kecil sehingga putaran bisnis mereka bisa lebih cepat dan menghasilkan keuntungan yang lebih cepat pula.

Jawaban No. 2
Menurut Drucker (2000:87), Pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8).

Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

berdasarkan teori diatas maka misi sosial yang dilakukan oleh Ben & Jery tidak bertentangan karena itu justru bisa meningkatkan eksistensi perusahaan di masyarakat dan berefek meningkatnya pengakuan atas nama perusahaan, dan mendorong permintaan akan es
krim yang dihasilkan oleh perusahaan.
Misi sosial ataupun CSR justru bisa menjadi strategi bisnis.

Jawaban No. 3
Deviden adalah Sisa laba bersih perusahaan yang didistribusikan kepada pemegang saham atas persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (Darmadji dan Fakhruddin, 2001: 127).

Persentase pendapatan yang akan dibayarkan kepada pemegang saham sebagai cash dividen disebut dividen payout ratio (Riyanto, 1995: 266) dimana semakin tinggi tingkat dividen payout ratio yang ditetapkan oleh suatu perusahaan, maka semakin kecil dana yang tersedia untuk ditanamkan kembali di dalam perusahaan. Hal ini berarti akan menghambat pertumbuhan perusahaan. Apabila dividen tidak dibagikan, bisa jadi investor mempersepsikan bahwa perusahaan kekurangan dana, yang menyebabkan harga saham akan turun.

Bentuk-bentuk dividen yang dibagi oleh perusahaan adalah sebagai berikut (Baridwan, 1997: 434):

a. Dividen Kas (dividen tunai)

Dividen ini merupakan dividen yang paling umum dibagikan oleh perusahaan, dimana pembayarannya dilakukan setahun sekali. Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan agar dapat membayar dividen ini:

Laba ditahan yang mencukupi
Kas yang memadai
Tindakan formal dari dewan komisaris

b. Dividen Aktiva Selain Kas (Property Dividend)
Dividen yang dibagikan dalam bentuk aktiva selain kas disebut property dividend. Aktiva yang dibagikan bisa berbentuk surat-surat berharga perusahaan lainnya yang dimiliki oleh perusahaan ataupun barang dagangan.

c. Dividen Utang (Scrip Dividend)
Dividen utang ialah janji yang tertulis untuk membayar jumlah tertentu di waktu yang akan datang.

d. Dividen Likuidasi
Dividen likuidasi ialah dividen yang sebagian merupakan pengembalian modal.

e. Dividen Saham
Dividen saham adalah pembagian tambahan saham tanpa dipungut pembayaran kepada para pemegang saham sebanding dengan saham yang dimilikinya.

Berdasarkan paparan teori diatas maka para pemegang saham akan menyetujui misi sosial yang dilakukan oleh Ben dan Jerry’s karena misi sosial bisa menjadi strategi bisnis yang bisa meningkatkan eksistensi perusahaan dimasyarakat sehingga apa yang di produksi perusahaan juga akan mudah masuk di pasaran.
selain itu misi sosial ini juga menguntungkan di pihak masyarakat sehingga secara tidak langsung akan ada konstribusi yang positif pula darimasayarakat kepada perusahaan.
dengan demikian pendapatan perusahaan akan meningkat dan laba akan meningkat. sehingga pembagian deviden pun akan meningkat.
selain itu dengan besar nya keuntungan dan eksistensi perusahaan di mata masyarakat akan berdampak pada pengakuan perusahaan di pasar yang akan berakibat positif pada perusahaan yaitu akan naiknya harga saham diperusahaan Ben dan Jerry’s .
itulah saya kira alasa logis kenapa para pemegang saham akan setuju dan akan mendukung misi sosial yang dilakukan Ben & Jerry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *