Tugas Manajemen Strategik

Carilah Kasus di Internet tentang Proses perusahaan dalam menyusun Visi.Misi,Tujuan dan Sasaran.Serta jelaskan efektifitasnya dalam implementasi Manajemen strategi

Hasil study kasus Pada Perusahaan Bina Grahita Mandiri

A. Latar Belakang
Bina Grahita Mandiri didirikan oleh Nur A. Soedjatmiko. Berdiri sejak tanggal 30 Juli 1990, dengan SIUP No: 1562/13-1/PK/VII/1990 yang kemudian telah didaftar ulang dengan No. 503/6556A/436.6.11/2010, berbentuk usaha dagang dengan akte notaris pendirian usaha dari Notaris St. Sindhunatha, SH, No 35 (5 Desember 1992). Pada dua tahun pertama berdirinya telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 200 perusahaan dan hingga kini sudah lebih dari 1500 perusahaan yang pernah menggunakan jasa psikologi dan manajemen dari Bina Grahita Mandiri.
Layanan yang diberikan di bidang psikologi meliputi konsultasi pribadi, psikotes untuk penerimaan atau promosi pegawai, penelusuran bakat dan minat anak dan pelajar, dan konseling. Bina Grahita Mandiri juga pernah menjadi mitra untuk konsultan manajemen di beberapa perusahaan serta melakukan beberapa training pengembangan pribadi. Bina Grahita Mandiri juga menerbitkan beberapa buku pengembangan pribadi yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan SDM di perusahaan. Untuk membantu perusahaan mendapatkan pekerja, Bina Grahita Mandiri juga memberi layanan di bidang rekrutmen.

B. VISI

Menjadi perusahaan yang bergerak di bidang jasa psikologi dan manajemen serta merupakan pilihan pertama bagi masyarakat yang hendak menggunakan jasa psikologi dan manejemen. Untuk menjadi pilihan pertama, maka harus menjadi pilihan yang terbaik. Oleh karena itu, setiap personil yang ada bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan motto perusahaan: “Make us Really Work For You“

C. MISI

Melayani jasa psikologi dan manajemen secara umum secara profesional
Memberi pelayanan jasa psikotes dan konsultasi bagi perusahaan, sekolah dan perorangan (pribadi)
Memberi jasa training dan jasa rekrutmen
Menerbitkan buku maupun majalah

D. TUJUAN
Memberikan pelayanan yang terbaik  sehingga customer  bertambah dan tetap memakai jasa Psikotest BGM.

E. Analisi SWOT Visi Dan Misi
Visi misi dari Perusahaan Bina Grahita Mandiri yaitu, Menjadi perusahaan yang bergerak di bidang jasa psikologi dan manajemen serta merupakan pilihan pertama bagi masyarakat yang hendak menggunakan jasa psikologi dan manejemen. Untuk menjadi pilihan pertama, maka harus menjadi pilihan yang terbaik. Oleh karena itu, setiap personil yang ada bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan motto perusahaan: “Make us Really Work For You“
Analisis dalam lingkup internal :

1. Kekuatan

  1. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1990 sehingga sudah sangat berpengalaman dalam kinerjanya.
  2. Harga prouk jasa yang murah dan berkualitas diminati banyak pelanggan.
  3. Kebutuhan standar perusahaan yang harus melakukan psikotest dalam rekrutmen karyawannya.
  4. Telah bekerja sama dengan lebih dari 1500 perusahaan diseluruh Indonesia dan masih terus bertambah.
  5. Hasil proses psikotest dengan tempo dua sampai tiga hari.
  6. Pelayanan psikotes yang sangat fleksibel menyesuaikan dengan kebijakan konsumen.


2. Kelemahan

  1. Belumseluruh proses kinerja perusahaan berbasis sitem IT.
  2. Ruangan yang masih terbatas untuk 70 orang menjadi hambatan ketika peserta yang datang untuk tes diatas 70 peserta.

F. Analisis Dalam Lingkup Eksternal

1. Peluang

  1. Kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas serta pemenuhan standar Perusahaan , memaksa pihak pelanggan (perusahaan lain) harus melakukan tes psikotest dalam proses rekrutmennya.
  2. Advertising yang terjadi lebih banyak dari mouth to mouth, sehingga dimasa yang akan datang perusahaan-perusahaan akan mendapat referesni dari perusahaan lain dan merekomendasikan untuk melakukan tes psikotest di Bina Grahita Mandiri.

2. Ancaman

  1. Adanya kompetitor yang telah melakukan proses kinerjanya dengan berbasis IT.
  2. Persaingan dalam harga

3. Sikap yang diambil dalam memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman adalah

  1. Melakukan penawaran kepada perusahaan yang belum bekerja sama dalam proses perekrutan karyawannya.
  2. Memberi komisi kepada perusahaan yang bisa merekomendasikan perusahaan lain untuk bekerja sama dengan Bina Grahita Mandiri.
  3. Melakukan penawaran training sekaligus psikotest kepada perusahaan-perusahaan yang sudah bekerja sama.
  4. Melakukan pembenahan terhadap proses administrasi internal menjadi berbasis IT sehingga lebih praktis dalam prosesnya.

4. Teknik-Teknik Yang Akan Dilakukan

  1. Melakukan promosi psikotest. Menyesuaikan harga dengan melihat kondisi harga serta kualitas pesaing.tis ditempat yang menjadi kerumunan orang.
  2. Melakukan training kepada karyawan Bina Grahita Mandiri guna meningkatkan kulitas kinerjanya.
  3. Menerapkan system administrasi yang berbasis sistem IT.
  4. Memberi diskon harga kepada perusahaan yang mengirim calon karyawan mereka pada jumlah tertentu.
  5. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan.
  6. Menyesuaikan kembali SOP yang sudah ada.

Untuk rating faktor Strength diberi kriteria :

  • Rating 1          : Sedikit Kuat
  • Rating 2          : Agak Kuat
  • Rating 3          : Kuat
  • Rating 4          : Sangat Kuat

Untuk rating faktor Weakness diberi kriteria :

  • Rating 1          : Sedikit Lemah
  • Rating 2          : Agak Lemah
  • Rating 3          : Lemah
  • Rating 4          : Sangat Lemah

Untuk rating faktor Threat diberi kriteria :

  • Rating 1          : Sedikit Mengancam
  • Rating 2          : Agak Mengancam
  • Rating 3          : Mengancam
  • Rating 4          : Sangat Mengancam

Untuk rating faktor Opportunity diberi kriteria :

  • Rating 1          : Sedikit Peluang
  • Rating 2          : Agak Peluang
  • Rating 3          : Peluang
  • Rating 4          : Sangat Peluang

Kuisoner analisis faktor analyst strategi untuk mengetahui kekuatan (Strenght)
STRENGHT.png

Kuisoner analisis faktor analyst strategi untuk mengetahui kelemahan (weaknest)
WEAKNES.png

Kuisoner analisis faktor analyst strategi untuk mengetahui Peluang (oportunity)
OPPORTUNITY.png

Kuisoner analisis faktor analyst strategi untuk mengetahui ancaman (Threat)

WEAKNES

• Koordinat Analisis Internal
(Skor total Kekuatan – Skor Total Kelemahan) : 2 = (3.68- 3.29): 2 = 0.20
• Koordinat Analisis Eksternal
(Skor total Peluang – Skor Total Ancaman) : 2 =(3.47 – 3.62) : 2 = -0.07
• Titik koordinatnya terletak pada (0,45; -0,35)

matrik

Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I namun cenderung dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini
TABEL.png

  1. Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
  2. Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
  3. Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
  4. Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.

Setelah diketahui titik koordinat tersebut maka posisi unit perusahaan di ketahui pada kuadran IV sehingga mempunyai strategi yang lebih baik dan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap kuadran.

1. Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada

a. Meningkatkan fleksibilitas dalam melayani pelanggan dalam memanfaatkan peluang perusahaan jasa psikotest yang dibutuhkan dalam proses rekrutmen dan penjurusan sekolah.

b. Meningkatkan inovasi dalam hal kecepatan dalam pelaporan hasil psikotest sehingga pelanggan akan puas dan yang masih memakai jasa kompetitor diharapakan akan berpindah ke Bina Grahita Mandiri

2. Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.

a. Menambah cabang di tempat- tempat yang berdekatan dengan daerah industry.

b . Menambah proses penyaluran karyawan yang berkualitas.

c. Melakukan kerjasama kontrak dengan perusahaan yang selalu melakukan proses rekrutmen contoh perusahaan outsorcing.

3. Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.

a. Melakukan inovasi baru dalam pelayanan psikotest.

b. Melakukan inovasi dalam promosi sehingga sedikit lebih modern.

c. Melakukan kerjasama yang bersifat kontrak.

4. Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang

a. Memperkuat pelayanan yang bersifat fleksibel sehingga membentuk kesan bahwa Binagrahita Mandiri adalah perusahaan jasa psikotest yang paling bisa menyesuaikan pelayanan sesuai kebutuhan dari pelanggan.

b. Terus menerus melakukan inovasi produk agar tidak kalah dengan kompetitor lainnya

c. Meningkatkan deferensiasi produk, diferensiasi pelayanan dan Kualitas jasa dengan harga yang sama dengan kompetitor.

Berdasarkan diagram bobot dan rating pada setiap unsur matrik SWOT sebagaiman di jabarkan diatas, bahwa posisi perusahaan saat ini berada pada kuadran IV yaitu kuadran kombinasi dimana strategi umum yang dapat dilakuakan perusahaan adalah membuat keunggulan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.

matrik 4

STRATEGI BISNIS UNIT

– Prioritas I

Menciptakan Iinovasi fleksibilitas baru dalam pelayanan terhadap pelanggan dalam hal ini kaitannya dengan differensiasi pelayanan dengan kompetitor.

  •  Faktor penentu keberhasilan :
    Inovasi promosi kearah modern dengan memanfaatkan teknologi yang ada, jumlah psikolog yang memadai, laporan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
  • Aktivitas yang dilakukan :
    Meningkatkan tampilan website dengan menambahkan berbagai macam widget untuk promosi online , Pengadaan SDM yang berkompeten di bidangnya dan Penggunaan dana sesuai dengan alokasi yang sudah ditentukan.
  1. Output      : Promosi secara online di website dan Hasil psikotest yang bisa diakses secara online.
  2. Outcome : Meningkatkan jumlah pelanggan (pertumbuhan pelanggan)
  3. Impact     : Citra perusahaan meningkat dan Sebagai pelopor perusahaan jasa psikotest terfleksibel dalam hal pelayanan.

Prioritas II

Meningkatkan pangsa pasar yang ada untuk produk psikotest tertentu melalui  usaha pemasaran secara online dan tradisional.

  • Faktor penentu keberhasilan :
    Memanfaatkan SDM yang ada sebaik mungkin untuk melakukan pemasaran secara online dan tradisional.
  • Aktivitas yang dilakukan :
    Membuat posting di website tentang produk jasa psikotest dan menawarkan produk psikotest secara langsung dengan cara mengirim surat penawaran ataupun proposal.
  1. Output      : Pangsa pasar pesaing menurun, menguasai pangsa pasar
  2. Outcome : Pertumbuhan pelanggan meningkat
  3. Impact     : Semakin meluasnya pangsa pasar

 

Prioritas III

Menambah produk – produk baru yang saling berhubungan untuk pangsa pasar yang sama

  • Faktor penentu keberhasilan :
    Inovasi produk, pengadaan SDM yang ahli dan harga yang kompetitif.
  • Aktivitas yang dilakukan :
    Menganalisa keadaan pasar dan membuat inovasi yang belum ada di kompetitor.
  1. Output      : Bisnis yang dilakukan ada pada blue ocean
  2. Outcome : Pertumbuhan pelanggan meningkat
  3. Impact     : Semakin meluasnya pangsa pasar

Prioritas IV

Menambah produk – produk baru yang saling tidak berhubungan untuk pangsa pasar yang berbeda

  • Faktor penentu keberhasilan :
    Inovasi produk, pengadaan SDM yang ahli dan harga yang kompetitif.
  • Aktivitas yang dilakukan :
    Menganalisa keadaan pasar dan membuat inovasi yang belum ada di kompetitor.
  1. Output      : Psikotest secara online
  2. Outcome : Pertumbuhan pelanggan meningkat
  3. Impact     : Semakin meluasnya pangsa pasar

 

# Porter’s Five Forces

Ancaman pendatang baru

Mendirikan perusahaan jasa psikotest bukanlah hal yang sulit bagi setiap Mahasiswa lulusan Psikologi yang sudah memiliki ijin praktik. Dengan demikian kemungkinan bertambahnya kompetitor sangat besar. Perpindahan pelanggan ke kompetitor yang baru pun bisa mungkin terjadi, apalagi dengan promo psikotest yang bisa dilakukan oleh kompetitor yang merupakan pendatang baru. Untuk mengantisipasi hal itu perlu adanya pelayanan yang memuaskan pelanggan dan selalu up to date dan bisa saja menggunakan sistem jemput bola guna menambah pelanggan baru.

Kekuatan Pembeli

Pembeli memiliki kekuatan yang sangat besar karena banyaknya perusahaan jasa psikotest, sehingga pembeli bisa memilih tempat psikotest mana yang menurut mereka cocok. Untuk memanfaatkan peluang atau ancaman ini perusahaan harus selalu berinovasi dalam hal marketing juga dalam hal pelayanan agar bisa memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pembeli.

Tabel KPI

kpi3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *