MANAJEMEN STRATEGIC PERTEMUAN 2

Carilah Kasus di Internet tentang Proses perusahaan dalam menyusun strateginya.Serta jelaskan efektifitas implementasi Manajemen strategi

Hasil Study Kasus

A. Latar Belakang

Kebutuhan akan calon karyawan yang berkualitas seringkali membuat perusahaan kebingungan dalam menentukan siapa karyawan yang layak diterima untuk menjadi pegawai tetap. Solusinya adalah dengan melakukan tes psikotest kepada setiap calon karyawan.

Bagi perusahaan untuk melakukan psikotest kepada karyawan biasanya menggunakan konsultan sumber daya manusia atau pun lembaga khusus penanganan jasa psikology. Hal ini dilakukan karena kebanyakan perusahaan menimbang untuk melakukan psikotest diperusahaan sendiri memerlukan biaya yang lebih besar dibanding menyerahkan proses psikotest kepada lembaga jasa psikologi.

Di Surabaya banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa psikology, masing-masing memiliki cara yang berbeda dalam melayani customernya tetapi pada intinya sama yaitu melakukan test psikotest dan interview. Salah satu perusahaan jasa psikology adalah BINA GRAHITA MANDIRI, lebih dari 1500 perusahaan di seluruh Indonesia telah mempercayakan kualitas calon karyawannya melalui lembaga ini. Bentuk laporan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, merupakan salahsatu kelebihan lembaga ini diberi kepercayaan oleh industry. Setiap harinya rata-rata ada 30 orang peserta psikotest yang dikirim oleh berbagai perusahaan.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju dari waktu ke waktu merupakan salah satu ancaman bagi setiap perusahaan yang tidak menerapkan teknologi informasi dalam kinerjanya. Bina Grahita Mandiri perusahaan jasa psikology yang sudah berdiri sejak tahun 1990. Untuk menambah efektifitas kinerja tentu ada faktor yang harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi terbaru, strategi yang harus dilakukan adalah dengan melakukan upgrade system internal berbasis IT. Hal inilah yang akan menjadi pokok pembahasan utama dalam implementasi strategi.

B. Pembahasan
Pelaporan hasil psikotest oleh Bina Grahita Mandiri kepada pelanggannya ialah dua sampai tiga hari setelah test. Waktu tersebut memang sudah cukup memberi kepuasan kepada pelanggan, tetapi terkadang pelaporan hasil psikotest tersebut terlambat dan ini membuat pelanggan marah karena mereka butuh hasil psikotest tersebut untuk dirapatkan. Ketika laporan tersebut terlambat maka secara otomatis pelanggan pun harus merubah jadwalnya kembali, hal ini tidak bisa dianggap mudah karena bagi perusahaan merubah jadwal akan menimbulkan banyak kerugian. Salah satu solusinya adalah dengan menerapkan sedikit sentuhan IT pada proses kinerjanya.

Maka dari itu, upgrade system internal sangat diperlukan. Implementasi dari strategi ini diharapkan akan memberikan kontribusi sebagai berikut :
1.Data dari para peserta tes yang mudah dilacak dan aman sampai waktu yang lama pada database.
2. Para karyawan bisa mengakses semua informasi dengan mudah.
3. Proses skoring bisa selesai lebih cepat.
4. Proses administrasi akan lebih mudah dan cepat dengan tingkat kesalahan hampir tidak ada, jika user dari system IT yang diberikan oleh IT support dijalankan dengan cara yang benar.
5. Banyak pekerjaan yang terpangkas sehingga waktu yang terpakai lebih efektif dan efisien.
6. Dengan begitu maka pelaporan hasil psikotest kepada pelangganpun akan lebih cepat dan tepat.

Saat ini strategi ini sudah dilakukan namun belum diterapkan secara menyeluruh, karena butuh waktu untuk penyesuaian. Hasil dari penerapan strategi tersebut terbukti bisa mengefektif dan mengefisienkan waktu kinerja dari para karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *