MANAJEMEN STRATEGIK PERTEMUAN 3 sd 7

Carilah Kasus di Internet tentang Proses perusahaan dalam menyusun Visi.Misi,Tujuan dan Sasaran.Serta jelaskan efektifitasnya dalam implementasi Manajemen strategi

Hasil study kasus Pada Perusahaan Bina Grahita Mandiri

A. Latar Belakang
Bina Grahita Mandiri didirikan oleh Nur A. Soedjatmiko. Berdiri sejak tanggal 30 Juli 1990, dengan SIUP No: 1562/13-1/PK/VII/1990 yang kemudian telah didaftar ulang dengan No. 503/6556A/436.6.11/2010, berbentuk usaha dagang dengan akte notaris pendirian usaha dari Notaris St. Sindhunatha, SH, No 35 (5 Desember 1992). Pada dua tahun pertama berdirinya telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 200 perusahaan dan hingga kini sudah lebih dari 1500 perusahaan yang pernah menggunakan jasa psikologi dan manajemen dari Bina Grahita Mandiri.
Layanan yang diberikan di bidang psikologi meliputi konsultasi pribadi, psikotes untuk penerimaan atau promosi pegawai, penelusuran bakat dan minat anak dan pelajar, dan konseling. Bina Grahita Mandiri juga pernah menjadi mitra untuk konsultan manajemen di beberapa perusahaan serta melakukan beberapa training pengembangan pribadi. Bina Grahita Mandiri juga menerbitkan beberapa buku pengembangan pribadi yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan SDM di perusahaan. Untuk membantu perusahaan mendapatkan pekerja, Bina Grahita Mandiri juga memberi layanan di bidang rekrutmen.

B. VISI

Menjadi perusahaan yang bergerak di bidang jasa psikologi dan manajemen serta merupakan pilihan pertama bagi masyarakat yang hendak menggunakan jasa psikologi dan manejemen. Untuk menjadi pilihan pertama, maka harus menjadi pilihan yang terbaik. Oleh karena itu, setiap personil yang ada bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan motto perusahaan: “Make us Really Work For You“

C. MISI

• Melayani jasa psikologi dan manajemen secara umum secara profesional
• Memberi pelayanan jasa psikotes dan konsultasi bagi perusahaan, sekolah dan perorangan (pribadi)
• Memberi jasa training dan jasa rekrutmen
• Menerbitkan buku maupun majalah

D. TUJUAN
• Untuk membuat klien kita merasa dilayani dengan baik, dihargai dan merasa apa yang kita berikan untuk mereka benar-benar berharga, sebagaimana kita hasilkan untuk mereka… dari hari ke hari… setiap hari.
• Untuk menjadi yang dikenal dan dianggap sebagai leader (pemimpin) dalam usaha yang kita lakukan serta masyarakat.
• Menjaga hubungan baik dengan semua pihak agar tercapai sukses dan kepuasan kerja sama jangka panjang yang tidak semata mementingkan keuntungan jangka pendek.
• Untuk menjadi perusahaan yang benar-benar dipercaya dan dihargai. Untuk itu diperlukan nilai-nilai dalam perusahaan, yaitu: Kejujuran, Integritas (Keutuhan/Prinsip), dan Rasa tanggung jawab yang tinggi

E. Analisi SWOT Visi Dan Misi
Visi misi dari Perusahaan Bina Grahita Mandiri yaitu, Menjadi perusahaan yang bergerak di bidang jasa psikologi dan manajemen serta merupakan pilihan pertama bagi masyarakat yang hendak menggunakan jasa psikologi dan manejemen. Untuk menjadi pilihan pertama, maka harus menjadi pilihan yang terbaik. Oleh karena itu, setiap personil yang ada bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan motto perusahaan: “Make us Really Work For You“
Analisis dalam lingkup internal :

1. Kekuatan
a. Perusahaaan yang sudah berdiri sejak tahun 1990 sehingga sudah sangat berpengalaman dalam kinerjanya.
b. Harga produk jasa yang murah dan berkualitas diminati banyak pelanggan.
c. Kebutuhan pemenuhan standart perusahaan yang bersertifikat ISO harus melakukan test psikotest pada calon karyawannya.
d. Telah bekerja sama dengan lebih dari 1500 perusahaan diseluruh Indonesia dan terus bertambah.
e. Proses pelaporan hasil psikotest dua sampai tiga hari bisa dibilang cepat.
f. Pelayanan yang fleksibel sehingga memudahkan pelanggan dalam birokrasi sebelum tes.

2. Kelemahan

a. Belum seluruh proses kinerja perusahaan berbasis IT yang mendukung.
b. Ruangan yang terbatas untuk 60 orang menjadi hambatan ketika peserta yang datang lebih dari 60 orang.

F. Analisis Dalam Lingkup Eksternal

1. Peluang
a. Kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas serta pemenuhan standart ISO , memaksa pihak pelanggan (perusahaan lain) harus melakukan tes psikotest dalam menerima calon karyawannya.
b. Advertising yang terjadi lebih banyak dari mouth to mouth, sehingga dimasa yang akan datang perusahaan-perusahaan akan mendapat referesni dari perusahaan lain dan merekomendasikan untuk melakukan tes psikotest di Bina Grahita Mandiri.

2. Ancaman
a. Adanya kompetitor yang telah melakukan proses kinerjanya dengan berbasis IT.
b. Persaingan dalam harga

3. Sikap yang diambil dalam memanfaatkan peluang dan mengatasi ancaman adalah
a. Melakukan penawaran kepada perusahaan yang belum bekerja sama dalam proses perekrutan karyawannya.
b. Memberi komisi kepada perusahaan yang bisa merekomendasikan perusahaan lain untuk bekerja sama dengan Bina Grahita Mandiri.
c. Melakukan penawaran training sekaligus psikotest kepada perusahaan-perusahaan yang sudah bekerja sama.
d. Melakukan pembenahan terhadap proses administrasi internal menjadi berbasis IT sehingga lebih praktis dalam prosesnya.
e. Menyesuaikan harga dengan melihat konisi harga serta kualitas pesaing.

4. Teknik-Teknik Yang Akan Dilakukan

a. Melakukan promosi psikotest gratis ditempat yang menjadi kerumunan orang.
b. Melakukan training kepada karyawan Bina Grahita Mandiri guna meningkatkan kulitas kinerjanya.
c. Menerapkan system administrasi yang berbasis IT.
d. Memberi diskon harga kepada perusahaan yang mengirim calon karyawan mereka pada jumlah tertentu.
e. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan.
f. Menyesuaikan kembali SOP yang sudah ada.

Klik gambar untuk memperjelas
kuisoner Analisis Strenght (Kekuatan)
kuisoner strenght

Klik gambar untuk memperjelas
Kuiseoner Analisis Weaknes (Kelemahan)
weaknes

Klik gambar untuk memperjelas
Kuisoner Analisi Opportunity (Peluang)
opportunity

Klik gambar untuk memperjelas
Kuisoner Analisis Threat (Ancaman)
threat

Klik gambar untuk memperjelas
Matrik
• Koordinat Analisis Internal
(Skor total Kekuatan – Skor Total Kelemahan) : 2 =
(2.6- 1.7) : 2 = 0.45
• Koordinat Analisis Eksternal
(Skor total Peluang – Skor Total Ancaman) : 2 =
(1.8 – 2.49) : 2 = -0.35
• Titik koordinatnya terletak pada (0,45; -0,35)

matrik

Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I namun cenderung dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini
analisa

Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *